Peserta Forsilatnas V Mendapatkan Ijazah Sanad Kitab Sirojuttolibin

Pemberian Ijazah Kitab Sirojuttolibin Kyai Ihsan Jampes
Luar Biasa, Peserta Forsilatnas (Forum Silaturahmi Nasional) PPM Aswaja mendapatkan kesempatan pemberiaan Ijazah sanad Kitab Sirojuttolibin karya K.H Ihsan bin Dahlan Jampes Kediri di Pondok Pesantren Bode Lor, Cirebon Jawa Barat.

Prosesi ijazah kitab "Sirojut Tholibin" buah karya ulama Indonesia, pakar akhlak dan tasawwuf yang namanya sudah mendunia, yakni Syaikh Ihsan Muhammad Dahlan Jampes, Kediri, Jawa Timur.

Kitab yang masyhur dikalangan pesantren ini, ternyata juga dikaji diberbagai perguruan tinggi di mancanegara, seperti Mesir, Amerika, Australia, Afrika dan berbagai perguruan tinggi lain yg memiliki konsen terhadap akhlak dan tasawwuf.

Kitab Sirojuttolibin diijazahkan langsung kepada kami (teman-teman PPM Aswaja) oleh Ulama Sepuh Cirebon yang sangat alim, tawadu' dan humoris yakni KH. Hambali, pendiri pesantren As-Salafiyyah Bode lor, Plumbon, Cirebon. Beliau, merupakan salah satu murid kesayangan Syaikh Ihsan. Menurut penuturan Beliau, bahwa, dulu pada tahun 1951, beliau datang ke Jampes untuk mencari ilmu (tholab) kepada syaikh Ihsan. Beliau mengikuti pengajian sirojut tholibin yang dibacakan langsung oleh mushonnif (pengarang) nya. Yakni Syaikh Ihsan Jampes. Dua tahun setelah mengaji kitab tersebut hingga khatam, Syaikh Ihsan meninggal menghadap Allah Swt. 
Pemberian Ijazah Kitab Sirojuttolibin

K.H Ihsan bin Dahlan Jampes sangat terkenal sebagai seorang alim yang sufi, Beliau juga sangat ahli dalam bidang astronomi (falak). "Romo (Yai) Ikhsan itu menurut penuturan orang-orang, bisa mengetahui kapan hari, tanggal, dan waktunya sehelai daun akan jatuh dari tangkainya, itu yang saya dengar dari orang-orang" Cerita KH. Hambali sambil mengenang masa lalunya. 

Kami, Peserta Forsilatnas V PPM Aswaja mendapatkan ijazah kitab ini, setelah ijab-kabul antara kami dan Beliau. Beliau berkata, "ajaztukum hadzal kitab Sirojuttuolibin" dan dijawab kami masing-masing dengan ucapan "qobiltu (saya terima)" yg dilanjutkan dengan membaca alfatihah kepada para Nabi, Sahabat, Ulama dan lain sebagainya secara bersama-sama dan diakhiri dengan doa dari Beliau.

Dalam prosesi ijazah itu pula, salah satunya salah satu penerima ijazah adalah cucu dari Aang Gelar dan Aang Nuh ulama besar Cianjur Jawa Barat, yakni KH. Aang ZE yang melanjutkan kakeknya sebagai pengasuh di PONPES Gelar Cianjur.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
20 Desember 2015 21.23 delete

Silahkan kunjungi juga yang ini kang!!! Trankrip rekaman ijazah sirojut tholibiin.
http://estanuwijaya.blogspot.in/2015/12/luar-biasa-peserta-forsilatnas-v-ppm.html

Reply
avatar
21 Desember 2015 23.34 delete

Terima Kasih informasinya Kang.
Saya langsung ke artikel jenengan nih...

Reply
avatar