Muslim Kamboja Diperbolehkan Memakai Kerudung Saat Buat Passport

Perlunya perjuangan melawan diskriminasi terus menerus supaya orang minoritas mendapatkan perlakuan yang sama di mata hukum dan negara. Ini ada kabar baik dari kamboja bahwa Muslim Kamboja Diperbolehkan Memakai Kerudung Saat Buat Passport. Perhatian bagi Umat Muslim Indonesia pun harus memberikan perlakuan yang baik kepada pemeluk minoritas agar umat muslim yang lain diperlakukan yang baik ketika berada di komunitas yang minoritas.
******
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin apresiasi terhadap sikap pemerintah dan rakyat Kamboja yang menerima Islam dengan baik.

Hal ini diketahuinya, saat menerima Menteri Tenaga Kerja dan Pelatihan Kejuruan (Ministry of Labor and Vocationanl Training) Kerajaan Kamboja, Datuk Othsman Hassan dan rombongannya di Ruang Kerja Menag, Jakarta Pusat, Selasa (27/10/2015).

Datuk Othsman mengatakan, dari 15 juta penduduk Kerajaan Kamboja, sekitar 4 persen beragama Islam.

"Umat Muslim diterima sangat baik di Kerajaan Kami. Bahkan Raja Kamboja membuat keputusan untuk memperbolehkan seorang Muslim memakai kerudung atau songkok ketika membuat passport," ungkap Datuk Othsman yang datang didampingi oleh Sos Musine (Kementerian Agama dan Kepercayaan), Nos Sles (Kementerian Pendidikan, Pemuda dan Olahraga), San Saran dan Yob Ahskary.
Untuk diketahui rakyat Kamboja beragama Buddha, dan mayoritas Muslim di sana berbahasa Champa, dimana sekitar 30 persen, bahkan bahasanya nyaris sama dengan Bahasa Melayu.

Huruf Champa pun mirip dengan huruf Jawa, karena mempunyai hubungan erat ratusan tahun lalu. Sunan Ampel (Ayahanda Sunan Bonang) merupakan Walisongo keturunan Champa. Datuk Othsman mengingatkan, pada 1993-an, saat Kamboja Perang saudara, Pemerintah Indonesia banyak membantu.

Mendengar cerita Datuk Othsman tentang Indonesia, Menteri Agama bersyukur dan gembira. "Syukurlah, semoga Umat Islam terus mampu memberi maslahat dan manfaat yang lebih besar lagi kepada peradaban dunia," kata Lukman

Sumber: tribunnews.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »