Kostrad Membantu Pemadaman Kebakaran Hutan

Kostrad Membantu Kebakaran Hutan

Pasukan TNI yang tergabung pada Komando Angkatan Strategis Angkatan Darat (KOSTRAD) membantu melakukan penanganan pemadaman kebakaran Hutan yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia. 

Kobaran api yang menyulut di Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan Riau berhasil dipadamkan tim Kostrad. Selama dua hari non stop pasukan elite TNI AD ini berperang melawan api.

"Selama dua hari dua malam, akhirnya tim kita berhasil memadamkan kebakaran lahan di Teluk Meranti," kata Komandan Satgas I Kebakaran Lahan dan Hutan, Kostrad, Letkol (CZI) Bambang Iswandaru melalui Lettu Amito Surya, kepada detikcom, Kamis  (22/10/2015).



Amito menjelaskan, kebakaran lahan di Teluk Meranti berlangsung sejak kemarin. Namun hari ini, lidah api yang sempat menjulang tinggi, sudah berhasil dikuasai.

"Yang tersisa tinggal sisa kebakaran bara api. Ini yang seharian kita padamkan kembali agar tidak semakin meluas jika ada tiupan angin kencang," kata Amito.



Menurut Amito, kini sebagian pasukan Kostrad digeser dari Kabupaten Pelalawan ke Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Ini sehubungan di kawasan Kab Inhu kembali muncul titik api.

"Tadi barusan kita mendapat kabar ada muncul titik api di sana. Sebagian tim kita digeser untuk membantu tim lainnya yang ada di Inhu," kata Amito.


Sebelumnya tim Kostrad juga berhasil memadamkan kebakaran di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN). Di kawasan konservasi itu, ada 40 hektare lahan yang terbakar.

Tim Kostrad terpaksa melakukan pemadaman dengan menggunakan dahan kayu. Ini karena di lokasi kebakaran tidak ada sumber air.


Sumber: news.detik.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »