Gedung Bersejarah Markas Oelama Djawa Timoer Sepi Tak Terurus

Gedung Markas Ulama Jawa Timur
Menurut penuturan dan hasil kunjungan Saudara Rijal Mumazziq Z bahwa ada gedung yang sangat bersejarah di Jawa Timur yang bernama Markas Oelama Djawa Timoer Sepi Tak Terurus. Berikut penuturan dari beliau:
Gedung tua yang tampak tak terawat ini terletak di sebuah gang kecil di belakang pabrik paku, Waru, Sidoarjo. Siapa sangka jika pada akhir Oktober hingga awal Nopember 1945, gedung ini memainkan peranan vital dalam revolusi fisik. Ya, bangunan ini dulu menjadi pusat Markas Besar Oelama Djawa Timoer (MBODT). MBODT dipimpin oleh KH. Bisri Sjansuri, salah seorang triumvirat pendiri NU. Tugasnya, antara lain, mengkonsolidasikan jaringan kemiliteran kaum santri dari Barisan Mujahidin yang dikomandi Kiai Wahab Chasbullah, Barisan Sabilillah yang dikomando Kiai Masjkoer, hingga Laskar Hizbullah di bawah arahan Kiai Zainul Arifin; dengan kesatuan pejuang lainnya.

Tahun 2004 silam, bersama beberapa sahabat PMII, saya mengadakan rapat kerja di gedung tua yang kusam ini. Setelah itu, saya nggak tahu perkembangan perawatan gedung ini, meskipun kabarnya dikelola sahabat-sahabat PMII Sidoarjo. Dan, saat memotret gedung lawas ini pertengahan syawal silam, kondisinya sepi dan tak terurus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »