Definisi Santri Menurut Pendakwah Islam Papua

Definisi Santri Menurut Ustadz Papua
Banyak sekali orang yang memberikan definisi pada arti kata santri, Mari kita lihat definisi atau pengertian santri menurut atau versi Pendakwah (Dai) Islam yang sedang mengenalkan islam yang ramah di tanah Papua.
***************************************
Santri adalah 'mahluk yang banyak di juluki mahluk aneh' di zaman modern, dengan gaya penampilan khasnya , mereka tidak tergerus dengan berbagai bentuk mode pakaian yang silih berganti dipromosikan orang. Sarungan yang melilit perutnya, seolah lebih keren daripada celana jeans dan songkok buntut juga terlihat nyaman di kepalanya dibandingkan topi-topi modern.

Kemudian dari pola pikir, mereka juga sangat sederhana. Tidak risau dengan kegaduhan politik negara ini, tidak terpengaruh hingar bingar keramaian modernisasi segala bidang. Mereka tekun dengan target hafalan al-Qur’an, hadist dan nadhoman al-fiyahnya.

Namun bukan berarti mereka orang yang tidak peduli dengan masyarakat. Ada saat sudah waktunya, mereka langsung terjun dan menjadi solutor bagi problematika masyarakat

Merekalah yang di ibaratkan paku dalam sebuah rumah Jasanya begitu besar tapi jarang terlihat tapi mereka terus istiqomah

Merekalah kesatria yang sedang berjuang memerdekakan bangsa ini dari belenggu Kebodohan
Merekalah orang yang masuk dalam sebuah Hadis kanjeng Nabi Muhammad saw
مَنْ سَلَكَ طَرِيْـقًـا يَبْـتَغِي فِيْهِ عِلْمًا سَهَّـلَ اللهُ لَهُ طَرِيْـقًـا إِلَى الْجَنَّـةِ، وَإِنَّ الْمَـلاَئِـكَةَ لَتَضَعُ أَجْـنِحَـتَهَا لِطَالِبِ الْعِلْمِ رِضًا بِمَا يَصْنَعُ، وَإِنَّ الْعَالِمَ لَيَـسْـتَغْـفِـرُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَـا وَاتِ وَمَنْ فِي الأَرْضِ حَتَّى الْحِـيْتَـانُ فِي الْمَـاءِ .

“Barang siapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu maka Allah memudahkan jalannya menuju Surga. Sesungguhnya para Malaikat membentangkan sayapnya untuk orang yang menuntut ilmu karena ridha atas apa yang mereka lakukan. Dan sesungguhnya orang yang berilmu benar-benar dimintakan ampun oleh penghuni langit dan bumi, bahkan oleh ikan-ikan yang berada di dalam air.” [Hadits shahih, diriwayatkan oleh Abu Dawud (no. 3641)

Merekalah kupu-kupu nasional yang bukan hanya bergelar profesor atau doktor, tapi muslim pelopor yang menyapu semua sektor-sektor kotor. Namun tetap "Laa diroro waladororo"!

Oleh: Ustadz Abdul L Wahab

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »