Dalil Keharaman Berbicara Saat Dibacakan Al Quran

Masih ada sebagian masyarakat, apabila dibacakan ayat Al Quran tapi malah bermain-main, berbicara dan sebagainya. Padahal tindakan seperti itu dipandang haram oleh Ulama karena beberapa dasar/ dalil. Berikut dasar penetapannya:
*****

Dalam Al Qur'an Surat Al A'raf ayat 204 dijelaskan :
وَإِذَا قُرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُوا لَهُ وَأَنْصِتُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

"Dan apabila dibacakan Al Qur'an, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat."
Dalam Tafsir Al Munir Lil Imam Nawawi Al Bantani disebutkan sahabat Ibnu Abbas radhiyallahu'anhu mengatakan bahwa HARAM hukumnya berbicara dan mengobrol ketika sedang dibacakan Al Qur'an.

Padahal mendengarkan dan atau menyimak bacaan Al Qur'an dicatat sebagai pahala kebaikan yang berlipat ganda.
قَالَ الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا أَبُو سَعِيدٍ مَوْلَى بَنِي هَاشِمٍ، حَدَّثَنَا عَبَّادُ بْنُ مَيْسَرَةَ، عَنِ الْحَسَنِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ؛ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "مَنِ اسْتَمَعَ إِلَى آيَةٍ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ، كُتِبَتْ لَهُ حَسَنَةٌ مُضَاعَفَةٌ، وَمَنْ تَلَاهَا كَانَتْ لَهُ نُورًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ".
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abu Sa'id maula Bani Hasyim, telah menceritakan kepada kami Abbad ibnu Maisarah, dari Al-Hasan, dari Abu Hurairah r.a., bahwa Rasulullah SAW. telah bersabda: Barang siapa mendengarkan suatu ayat dari Kitabullah, maka dicatatkan baginya kebaikan yang berlipat ganda. Dan barang siapa yang membacanya, maka ia mendapat nur (cahaya) di hari kiamat. ( HR. Imam Ahmad )

Ustadz Imron Rosyadi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »